Tips Menjaga Baterai Android Agar Tahan Lama

timthumb.php

Dalam menggunakan perangkat elektronik, baik tablet maupun ponsel, baterai merupakan sebuah komponen dalam perangkat yang memiliki kemungkinan rusak lebih besar. Mengapa? karena, hampir setiap hari perangkat tersebut akan dicharge, hal tersebut akan membuat “umur” baterai semakin berkurang jika tidak diberikan perhatian khusus dalam merawatnya.

Jika baterai sudah bocor, bagi sebagian perangkat yang memungkinkan mencopot baterai akan dapat dengan mudah mengganti baterai, tetapi bagaimana jika perangkat yang tidak bisa mengganti baterai? hal tersebut akan berdampak ke perangkat kamu sendiri. Untung ada tips yang dapat dijalankan untuk menjaga baterai kamu agar tahan lama.

Berikut adalah tips yang bisa digunakan dalam merawat baterai perangkat kamu:

1. Hindarkan baterai (tablet/ponsel) Android dari tempat yang panas atau hangat. Terlebih lagi ketika sedang dicharge atau sedang digunakan. Untuk meminimalkan suhu baterai yang panas karena penggunaan, maka perangkat tersebut jangan lagi berada di tempat yang panas atau hangat.

2. Jangan membiarkan baterai sampai benar-benar habis, terlebih lagi jika hal ini sering terjadi. Karena jika membiarkan baterai menjadi habis (0%) dalam waktu yang sering, akan membuat “umur” baterai menjadi lebih pendek. Sebaliknya, charge baterai ketika dalam kondisi hampir habis (10-15%), dalam kondisi ini baterai masih bisa bekerja dengan baik.

3. Namun sesekali biarkan baterai benar-benar habis, kemudian langsung lakukan pengisian ulang. Hal ini dimaksudkan agar baterai dapat melakukan kalibrasi ulang. Para pengamat menganjurkan untuk melakukan ini setiap habis melakukan 30 kali pengisian (30:1).

4. Setelah baterai penuh, langsung cabut kabel charger dari perangkat Android, dan jangan biarkan terhubung terlalu lama. Hal ini dapat membahayakan baterai tersebut.

5. Jangan menggunakan perangkat Android dalam waktu yang panjang. Misalnya bermain game secara non-stop terus menerus. Hal ini akan dapat membuat baterai kamu lebih cepat bocor.

Dengan melakukan hal diatas, diharapakan dapat membuat baterai perangkat Androidmu lebih tahan lama. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *